Minggu, 28 Agustus 2016

Penyebab Rabun Senja Pada Anak

Penyebab rabun senja pada anak,- Rabun senja atau disebut juga dengan rabun ayam yaitu tidak dapat melihat dengan baik pada waktu senja. Pada tahap selanjutnya penderita mengalami kekeringan mata (xerosis). Bagian putih mata akan menjadi suram dan mulai mengeriput. Jika penyakit ini semakin parah maka kornea akan menjadi rusak dan dapat menyebabkan kebutaan. 
Penyakit ini lebih sering terjadi pada anak-anak. Penyebab dari penyakit rabun senja adalah kekurangan makanan yang bergizi terutama yang mengandung vitamin A. Retinol pendting untuk elaborasi rodopsin (penglihatan remang-remang) oleh batang, reseptor sensori retina yang bertanggung jawab untuk penglihatan alam cahay tingkat rendah. Oleh karena itu defisiensi vitamin A dapat mengganggu produksi rodopsin, mengganggu fungsi batang dan menimbulkan buta senja atau rabun senja.
Baca juga:

Penyakit Mata Rabun Senja

Rabun senja atau buta senja pada umumnya adalah manifestasi defisiensi vitamin A yang paling awal. Bila ringan, rabun senja atau buta senja dapat timbul hanya setelah stress cahaya karena berada dalam cahaya terang, seperti main laying-lauang pada hari cerah. Anak-anak mengalami rabun senja tidak akan berjalan-jalan dalam rumah atau disekitar rumah setelah senja, tetapi lebih suka duduk dipojok yang aman, sering tidak mampu untuk mencari makanan atau mainannya. Rabun senja yang diderita oleh anak-anak pra sekolah saat ini adalah khas defisiensi vitamin A. Penyebab lain dari keadaan ini relative jarang dan hampir tidak pernah ada pada kelompok usia ini. Beberapa kelompok masyarakat atau budaya, terutama yang endemic defisiensi vitamin A, menggunakan istilah khusus untuk menggambarkan keadaan ini seperti rabun ayam )atam kurang mempunyai sel batang, karena itu rabun di waktu senja).
Penyebab Penyakit Mata Rabun Senja
Penyebab dari terjadinya penyakit mata rabun senja adalah :
  1. Defisiensi dari retinol atau vitamin A yang merupakan salah satu hal penyebab paling utama dari terjadinya gangguan pada retina. Vitamin A memberikan asupan pigmen yang diperlukan oleh sel-sel batang. Dan kelangkaan dari vitamin A akan membuat mata mengalami kekeringan dan pada akhirnya menyebabkan terjadinya rabun senja. Dan disamping itu juga kandungan dari zat besi yang ada di dalam vitamin A sangat berguna dalam membantu mengatasi masalah penglihatan.
  2. Seseorang kemungkinan mengalami kekurangan asupan vitamin A jika tubuh tidak bisa menyerap vitamin A dari makanan. Dan kondisi seperti ini biasanya terjadi setelah melakukan operasi pada gangguan pankreas, gangguan hati dan juga pada gangguan usus.
  3. Akibat penyakit kronis jenis penyakit diabetes yang akan sangat mempengaruhi penglihatan mata kita. Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang bisa menimbulkan terjadinya kebutaan dan juga kebutaan secara total
  4. Penyakit mata rabun senja akibat penyakit katarak yang bisa dilihat seperti berawan yang terjadi pada lensa mata yang mengakibatkan terjadinya mata rabun senja. Biasanya orang yang berusia lanjut lebih beresiko mengalami hal ini.
  5. Disfungsi yang terjadi pada sel batang retina yang bisa mengakibatkan terjadinya penglihatan yang hilang dan menyebabkan terjadinya mata rabun senja.
  6. Stress yang terjadi dengan berlebihan, kecemasan, dan juga masalah takut akan kegelapan yang bisa mengakibatkan terjadinya masalah mata rabun sneja.
  7. Miopi atau mata rabun jauh akan menyebabkan terjadinya mata rabun senja.
  8. Obat glukoma yang bisa menyebabkan terjadinya penyempitan pada pupil yang akhirnya akan mengakibatkan terjadinya keratomalacia
  9. Paparan sinar matahari yang terjadi dengan berlebihan yang bisa membuat penglihatan di malam hari mengalami gangguan.
Rabun senja yang disebabkan oleh penyakit genetik seperti RP dan Usher syndrome tidak bisa diobati. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, disarankan untuk tidak berkendara pada malam hari atau melakukan aktivitas di tempat yang gelap. Cara menyembuhkan mata minus 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar